Minggu, 27 Oktober 2019

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami


herbajogja.net
Sakit kepala atau pusing tentu pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti terlambat makan, kurang tidur atau mengalami stres berat . Bagi sebagian orang, pusing terlihat sebagai penyakit yang serius.
Sumber Artikel: https://herbajogja.net
Meski tidak serius, pusing tentu tidak bisa di remehkan begitu saja. Pusing kepala bisa membuat aktivitas seseorang menjadi terhambat karena sudah berkonsentrasi. Sakit kepala atau pusing sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan biasa. Pusing bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi menyedihkan dan memaksa anda untuk langsung mengkonsumsi aspirin.

Jika Sering minum aspirin dalam jumlah banyak , dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itu , jangan mudah menghilangkan sakit Kepala dengan menggunakan obat-obatan bahan kimia.
Ketika anda mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas , yang anda lakukan hanyalah menekan gejala dan mengabaikan masalah sebenarnya yang memicu sakit kepala. Tetapi siapa sangka dengan mengkonsumsi obat dari bahan alami ternyata sangat efektif .
Walaupun proses penyembuhan membutuhkan waktu, cara menghilangkan sakit kepala dengan bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh berikut Liputan-6.com merangkum cara menghilangkan pusing kepala dengan bahan alami dilansir dari Food Matters, Selasa (26/2/2019).

1. Jahe

Jahe memang dianggap sebagai salah satu obat sakit kepala alami , karena dipercaya dapat mengatasi rasa sakit di area kepala. Bahkan , efek yang diberikan jae sama efektifnya seperti penggunaan obat sumatriptan, salah satu obat yang dapat mengatasi migrain. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di dalam Pythoter Resource.
Tidak hanya itu, jahe juga bisa mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Gejala-gejala seperti ini biasanya sering muncul saat Anda sudah mengalami sakit kepala yang cukup parah. Untuk mengonsumsi jahe sebagai obat alami untuk sakit kepala, Anda bisa menggunakan jahe bubuk dan menyampurkannya dengan secangkir teh hangat, atau Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentu suplemen.

2.   2.Cuka  apel

Selain jae, obat sakit kepala alami lainnya adalah cuka apel. Bahan alami ini dipercaya dapat mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh beberapa alasan.
Misalnya, cuka apel diduga meredakan sakit kepala akibat tingginya kadar gula darah, karena khasiat cuka apel dalam mengatasi masalah masalah pencernaan dan menetralisir kadar gula darah.
Selain itu, menghirup uap yang mengandung cuka apel dapat meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Sementara , kandungan dalam kalium di dalam cuka apel dipercaya dapat mengurangi sakit kepala akibat migrain. Tetapi , masih harus dilakukan penelitian lebih dalam lagi, mengenai khasiat cuka apel untuk sakit kepala.

3. Kafein

Anda mungkin lebih sering mendengar bahwa kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Padahal justru kafein adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Bahkan , ada beberapa obat-obatan yang akan bekerja semakin baik jika di padukan bersama dengan kafein.
Sebelum Anda merasakan sakit kepala, biasanya pembuluh darah cenderung akan membesar. Hal tersebut yang membuat Anda akan merasakan sakit di area kepala setelahnya. Nah, kafein dapat mengatasi kondisi tersebut karena sifatnya yang vasoconstricitive, atau mampu membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga meredakan rasa sakit.
Kafein memang bisa menyebabkan sakit kepala jika terjadi caffeine rebound, yaitu saat Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Maka dari itu, konsumsi minuman yang mengandung kafein dengan bijak agar Anda bisa merasakan khasiatnya untuk sakit kepala.

4. Peppermint 

Obat sakit kepala dari bahan alami lainnya adalah peppermint. Bahan alami yang satu ini memang diduga dapat mengkontrol aliran darah di dalam tubuh dan membantu melancarkan peredaran oksigen , sehingga dapat meredakan rasa sakit kepala. Anda bisa menggunakan peppermint dengan cara menggunakan sebagai minyak esensial, menyampurkannya dalam teh, mengonsumsi permen atau kapsul yang mengandung peppermint, dan masih banyak lagi.
Selain itu, peppermint juga dikenal ampuh dalam mengatasi beberapa gejala dari sakit kepala seperti mual, stres, hidung berair, otot terasa sakit, dan berbagai penyumbatan di dalam tubuh…
.



6. Magnesium

Magnesium adalah pilihan lain dari obat sakit kepala alami yang bisa anda gunakan. Sebenarnya magnesium adalah zat mineral didalam tubuh manusia yang dapat menjaga tekanan darah agar stabil , meningkatkan kesehatan jantung, mengatur syaraf dan fungsi otak, membentuk tulang , DNA, dan protein di dalam tubuh manusia. Jika kekurangan zat alami sakit kepala termasuk migrain. Itu sebabnya meningkatkan kadar magnesium didalam tubuh diduga bisa mengatasi dan mencegah Anda mengalami gejala migren, termasuk sakit kepala akut , gangguan penglihatan, hipersensitif terhadap cahaya dan suara , serta rasa mual dan ingin muntah. Anda bisa menggunakan magnesium oksida dalam bentuk pil untuk meningkatkan asupan magnesium anda.
Jika tidak, dokter mungkin akan  memberikan 1-2 gram magnesium sulfat dengan cara menyuntikkan obat ini melalui pembuluh darah jika Anda memiliki kesulitan untuk mengonsumsinya.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat Lainya

Tidak hanya menggunakan bahan-bahan alami , seseorang juga bisa melakukan berbagai aktivitas berikut untuk mengatasi sakit kepala tanpa menggunakan obat – obatan.

1. Istirahat di ruangan gelap

Jika sakit kepala muncul ketika anda sedang beraktivitas segeralah mencari tempat untuk berbaring atau sekedar duduk . Selain menggunakan bahan alami sebagai obat sakit kepala, anda bisa mengusahakan untuk beristirahat di ruangan yang tenang dan agak gelap . Hindari kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar. Tenangkan diri anda dan cobalah melemaskan bagian kepala.

2. Relaksasi

Jika anda bermeditasi , anda bisa menggunakan teknik meditasi untuk meredakan sakit kepala anda. Pejamkan mata , atur nafas anda bayangkan anda sedang berada di tempat favorit anda yang nyaman dan sakit kepala anda berangsur-angsur menghilangkan.

3. Kompres

Anda bisa melakukan teknik kompres dingin dan kompres air panas. Cobalah mengompres bagian kening anda menggunakan lap hangat , ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Setelah itu, lanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan kompres dingin. Anda bisa menggunakan beberapa es batu yang dibalut dengan sapu tangan. Efek dingin ini akan mengecilkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengecil, tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.

4. Pijat ringan

Anda bisa memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan ibu jari anda. Berikan pijatan ringan dengan konstan selama 7-15 detik lalu lepaskan. Ulangi lagi sampai anda merasa sakit berkurang.
Cobalah minta bantuan orang lain untuk memijat area kepala , leher dan pundak anda. Mintalah untuk memijat dengan tekanan yang pas  karena jika terlalu pelan maka tidak akan mengendurkan otot-otot yang tegang, tetapi jika terlalu keras akan menambah sakit kepala Anda.

5. Makan

Anda tidak perlu buru buru meredakan rasa sakit di kepala dengan menggunakan obat atau bahan alami . Terkadang , tuturnya kadar gula darah dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya, cobalah makan camilan atau minum teh manis hangat terlebih dahulu. Usahakan untuk makan selalu tepat pada waktunya untuk menghindari sakit kepala yang diakibatkan oleh penurunan kadar gula darah.

6. Peregangan

Sakit kepala anda mungkin disebabkan oleh tegangnya otot – otot dibagian pundak dan leher .
Ketegangan ini dapat diakibatkan oleh stres, kelelahan atau posisi duduk yang sama untuk waktu yang terlalu lama. ….
Jika hal ini merupakan penyebab sakit kepala Anda, Anda bisa melakukan peregangan sederhana seperti tekuk kepala Anda ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu Anda menyentuh dada. Anda bisa ulangi kembali ke sisi yang berlawanan….

7. Jangan lupa minum air putih yang cukup

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat atau bahan alami untuk mengatasi rasa sakit kepala cobalah untuk mengkonsumsi banyak air putih terlebih dahulu. Pasalnya , salah satu tanda dehidrasi adalah sakit kepala .Jika sakit kepala anda disertai dengan haus , mulut kering , rasa lelah berlebihan , serta frekuensi buang air kecil yang jarang jarang , cobalah untuk mencari tau penyebabnya . Kurang minum , stres atau anda terlalu lama duduk dalam posisi yang kurang nyaman. Hal hal tersebut biasanya merupakan penyebab dar tension headache. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat bekam bagi tubuh

Manfaat bekam dan bahayanya Bekam Anugrah Joga I Yogyakarta Alamat jl Munggur Sanggrahan Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta 08564383025...